27 C
Semarang
Thursday, 28 January 2021
SINERGIMSAS.NET

Perbedaan menggunakan Alat Manual dan Automatic dalam pemeriksaan Immunologi.

Mulyati S. Tr.AK

Koordinator laboratorium Pathologi Klinik RSUD Bumiayu, BREBES JAWA TENGAH

“Harga Alat Automatic pemeriksaan Immunologi yang cenderung mahal, harus betul betul di pertimbangan sebelum pengadaan  alat”.

Hampir semua orang yang pernah berbicara kepada saya mengatakan demikian. Padahal saat ini pemeriksaan Immunologi sudah banyak di terapkan di Rumah Sakit. Tetapi karena Alat pemeriksaan Automatic yg cenderung mahal, maka masih banyak Rumah Sakit yang melakukan pemeriksaannya mengunakan metode Kualitative atau System Rapid Test yang harga alat dan sarana penunjangnya cenderung lebih rendah atau lebih murah. Tetapi hasil pemeriksaan yang di dapatkan masih banyak di dapatkan hasil yang kurang akurat yang di pengaruhi oleh beberapa faktor, apakah dari kualitas Reagennya maupun dari cara tata laksana pemeriksaan nya.

Saat ini masih banyak di jumpai beberapa merk Reagent Imunoserologi ( Rapid test ) yg terkadang hasil tidak sama jika di bandingkan dengan hasil yang di keluarkan oleh Alat Automatic. Disamping itu ada faktor lain yg membuat hasil tidak valid dikarenakan oleh faktor Human Eror, yg misalnya apabila melakukan pemeriksaan Imunologi  metode ELISa menggunakan alat manual, Maka dalam perlakukan pemeriksaan  harus benar-benar di perhatikan, mengingat ada beberapa tahap atau proses  yg harus di jalankan agar hasil yang di dapatkan menjadi akurat. Salah satu paramater pemeriksaan imunologi, jika dilakukan dengan alat Manual maka waktu yg dibutuhkan per satu test kurang lebih 120 Menit, dari mulai Pra analitic, Analitic, sampai paska Analitik. Jika pelaksana tidak sungguh sungguh dalam melakukan langkah langkah pemeriksaan tersebut,maka bisa di pastikan hasil yang di dapatkan tidak akan baik.

Saat ini di laboratorium kami telah menggunakan Alat Automatic untuk pemeriksaan Imunologi dengan methode pemeriksaan terbaru yaitu CLIA system. Sangat banyak sekali perbedaan yang kami rasakan, diantaranya adalah waktu pemeriksaan lebih cepat, dapat melakukan pemeriksaan dalam jumlah banyak dalam satu waktu, dan para tenaga analis kami dapat melakukan pemeriksaan lain dengan waktu yang bersamaan. Karena dengan alat Automatic, perlakukan pemeriksaan sangat jauh berbeda dengan Alat manual. ( Cukup memasukan sample pasien ke dalam Alat, setelah itu alat akan mengerjakan semuanya dari awal sampai mengeluarkan hasil dan dapat langsung di cetak di printer secara Automatic).

Waktu pemeriksaan pun cenderung lebih cepat, hanya memerlukan waktu 17 sampai dengan 30 menit. Hasil sudah bisa di dapatkan. Sehingga dapat mempercpeat dalam pelayanan. Sehingga dalam menunggu hasil pemeriksaan laborat tidak memerlukan waktu yang lama. Di samping itu, suatu keunggulan alat Automatic , kami dapat melakukan pemeriksaan lain dalam waktu yang bersamaan. Misalnya, pemeriksaan Hematologi, Kimia klinik, dan Imunologi dapat dilakukan pada saat yg sama.

Alat pemeriksaan Immunologi yang kami gunakan di labortaorium saat ini adalah MAGLUMI 800. Selama ini kami amati banyak feature – featur yang sangat bermanfaat dan berguna bagi kami. Selain waktu yang cepat, Maglumi 800 memiliki keunggulan mampu memeriksa parameter parameter Immunologi yg sangat lengkap, dari Mulai parameter Infectious, Thyroid, Cardiac marker, Fertility, TORCH maupun implamasi.

Bahkan sample pasien yang tidak dapat di baca oleh alat manual sekalipun , ketika kami jalankan di Alat Automatic, ternyata dapat terbaca. Seperti pemeriksaan Tropinin yang kadang kala nilainya sangat kecil sekali, ketika di jalankn di alat Manual hasilnya tidak terbaca.

Awalnya kami pun ragu dengan kwalitas Maglumi 800. Karena Alat tersebut belum pernah kami dengar dari teman teman yg se-profesi di rumah sakit lain. Selain itu juga kami menganggap bahwa Reagent pemeriksaan dengan methode CLIA itu cenderung mahal. 

Tetapi kehawatiran kami terjawab, ketika PT. MULTI SINERGI melakukan presentasi produk di Rumah Sakit kami, menjelaskan populasi/ pengguna alat tersebut, dan Rupanya di Di Pulau Jawa  sudah lebih dari 60 Instansi yang telah menggunakannya. Kehawatiran kami tentang harga yang mahal pun  terjawab pula, Alat yang di tawarkan kepada kami tidak harus di beli. Cukup membeli Reagent dan Alat di pinjamkan, atau di Kerjasamakan ( Kerjasama Operational ).

Laboratorium kami pun telah menggunakan Alat Automatic MAGLUMI 800 sebagai Alat Penunjang Medis pada pelayanan kami.

Kami Ucapkan terima kasih kepada PT. Multi Sinergi yang telah  bekerjasama dengan Laboratorium di Rumah Sakit kami.

Mulyati S. Tr. AK ( Koord. Lab. )

Leave a Comment