25 C
Semarang
Tuesday, 22 September 2020
SINERGIMSAS.NET

Mengetahui Hasil Lab untuk penderita hipertiroid.

Hasil gambar untuk Pemeriksaan Trab, hipertiroid

Dikutif dari sebuah pertanyaan dari sebagain pasien yg di diagnosis hipertiroid.

” Halo dok mau nanya hasil lab saya spt ini Trab 16,91 nilai rujukan < 1,75 negatif > 1,75 positif Trab 270,51 nilai rujukan < 5,61 negatif > 5,61 positif Apakah hipertiorid saya berbahaya dok? Mohon pencerahannya.

Dari sebuah pertanyaan itu, dr.Irna Cecilia pun menjawab mengenai hasil lab tersebut :

Pemeriksaan TPO antibodi adalah pemeriksaan untuk menentukan apakah suatu penyakit tiroid disebabkan oleh kondisi autoimun seperti penyakit Graves atau Hashimoto. Sementara itu pemeriksaan TRAb dapat dilakukan untuk berbagai tujuan, namun sebagai alat diagnosis, TRAb digunakan untuk membedakan apakah penyakit hipertiroid disebabkan oleh penyakit Graves atau penyebab lainnya.

Berdasarkan hasil laboratorium anda dimana TPO dan TRAb anda positif, kemungkinan hipertiroid yang anda derita disebabkan oleh penyakit Graves. Penyakit Graves adalah penyebab tersering kondisi hipertiroidisme. Penyakit ini disebabkan karena sistem imunitas tubuh memproduksi suatu antibodi yang menstimulasi kelenjar tiroid memproduksi lebih banyak hormon tiroid.

Gejala penyakit Graves kurang lebih sama dengan gejala hipertiroid lainnya, antara lain:

  1. Kegelisahan, cepat marah, sulit tidur
  2. Tremor atau getaran pada tangan
  3. Penurunan berat badan meskipun makan dalam jumlah biasa atau lebih banyak
  4. Pembesaran pada kelenjar tiroid (biasanya pembesaran difus)
  5. Kelemahan pada tangan dan kaki
  6. Banyak berkeringat dan tidak tahan panas
  7. Detak jantung sangat cepat atau tidak teratur
  8. Kelelahan
  9. Sering buang air besar
  10. Pada wanita dapat terjadi siklus menstruasi yang tidak teratur, pada laki-laki dapat terjadi disfungsi ereksi dan pembesaran payudara (bersifat sementara dan dapat hilang setelah kondisi hipertiroid membaik)
  11. Khusus pada penyakit Graves dapat terjadi Graves ophtalmopathy yang memiliki karakteristik penonjolan pada mata (eksoftalmus)

Bila tidak ditatalaksana dengan benar, penyakit ini bisa menyebabkan beberapa komplikasi yang berbahaya antara lain:

  1. Pada wanita hamil dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, gangguan hormon tiroid pada bayi, gangguan perkembangan bayi dalam kandungan, gagal jantung pada wanita hamil, serta preeklamsia dalam kehamilan.
  2. Penyakit pada jantung, seperti gangguan irama jantung, perubahan struktur dan fungsi otot jantung yang menyebabkan terjadinya gagal jantung
  3. Serangan krisis tiroid (thyroid storm) yang merupakan kondisi yang sangat berbahaya dimana terjadi peningkatan hormon tiroid yang sangat tinggi yang menyebabkan detak jantung sangat cepat (hingga mencapai tingkat yang berbahaya), atrial fibrilasi jantung, demam tinggi, keringat yang keluar sangat banyak, tubuh gemetar, agitasi hingga terjadi kejang, tidak bisa diam, muntah dan diare, kulit kuning, kebingungan hingga gangguan kesadaran dan koma, dan lain-lain.
  4. Osteoporosis atau pengeroposan tulang

Sebaiknya anda membawa hasil pemeriksaan laboratorim tersebut kembali ke dokter yang memeriksa anda untuk dilakukan penatalaksanaan lebih lanjut untuk penyakit Graves yang anda miliki. Pengobatan untuk Graves antara lain pemberian obat antitiroid seperti PTU dan Methimazole, ablasi tiroid, serta operasi pengangkatan kelenjar tiroid. (dr. irna cecilia ) Red.

 

Dengan pemaparan di atas, kita dapat simpulkan bahwa bagitu pentingnya dalam melakukan pemeriksaan yang tepat bagi seseorang yang di diagnosis hipertiroid. Saat ini sudah banyak alat untuk pemeriksaan TPO, TRAbs, atau parameter lain yang berkaitan dgn pemeriksaan thyroid.

Salah satu alat pemeriksaan tersebut adalah, Alat MAGLUMI 800 dgn tecnologi modern, sehingga dapat memberikan hasil ayng akurat. Maglumi 800 memiliki teknologi pembacaan dgn metode CLIA, sehingga dalam mengelurkan hasil pemeriksaan tdk membutuhkn waktu yang lama, seperti alat alat yg sebelumnya berada di lapangan. Dengn teknologi modern, Maglumi 800 mamapu melakukn pemeriksaan dgn jumlah yang banyak dalam waktu yang singkat.

Itulah sebabnya kenapa Maglumi 800 dapat di jadikan rujukan alat pemeriksaan Immunologi.

Alat Immunologi Maglumi 800, sekarang sdh beredar di Indonesia, maupun di Jawa tengah, yang kami dapatkan Data nya kurang lebih sdh terinstal lbh dari 60 Unit alat di berbagai Rumah Sakit pemerintah maupun swasta, yg diantaranya adalah, Rs. Pantiwioloso Semarang, Rumah Sakit Umum Bumiayu Brebes, dan masih banyak rumah sakit lain yang menggunakan alat pemeriksaan Imunologi Maglumi 800.

Maglumi 800
Maglumi 800 Instalation Rs. Panti Wilasa – Citarum Semarang

 

Related posts

Leave a Comment